Kumpulkan buku-buku yang edukatif dan sesuai dengan umur peserta didik. Buku yang minimal guru Bimbingan dan Konseling telah membaca isinya atau membaca daftar isi dari buku sehingga tahu apa yang ditulis pengarang buku dan maksud dari isi buku
Membuat pohon baca atau literasi pada dinding ruang BK.
Menyusun rencana kegiatan.
Menyampaikan pada seluruh peserta didik disekolah ada kegiatan pojok baca, pohon literasi diruang BK serta ada hadiah menarik peserta didik yang telah membaca minimal 10 buku untuk setiap semester.
Mehilangkan persepsi tentang Bimbingan dan Konseling yang diberi label negatif oleh peserta didik.
Guru BK memberikan layanan yang nyaman, bicara dari hati ke hati dan berdiskusi yang ringan bila peserta didik ke ruang BK.
Diskusi pada peserta didik agar peserta didik benar-benar membacanya dan menulis kesimpulan serta menempelkan pada pohon literasi.
Sabar dan ikhlas pada proses edukasi ke peserta didik
Benar-benar memberi hadiah bagi yang rajin sebagai bentuk penuhi janji dan apresiasi walaupun kecil
Konsisten dan terus berjalan berapapun yang ingin ikut membaca buku.
Selalu mengingatkan untuk menjaga dan merawat buku karena untuk pentingan bersama.
Buat dokumentasi sebagai bukti penyelenggaran layanan BK