Hari Pertama Masuk Sekolah Lakukan Kegiatan Ini, Dijamin Siswa Antusias!

Guru dan siswa kembali ke rutinitas masuk sekolah. Tentu hal ini harus mulai dipersiapkan baik fisik dan mental.
Namun, saat hari pertama masuk sekolah, guru jangan langsung ngajar! Karena pada hari pertama, kondisi siswa belum siap untuk menerima pelajaran.
Perasaan siswa masih berada pada masa transisi antara waktu libur dan sekolah.
Saat libur siswa terbiasa memakai baju bebas dengan kegiatan fleksibel. Sementara waktu sekolah, siswa mulai kembali kebiasaan memakai seragam dengan aturan yang ada di sekolah.
Kegiatan Hari Pertama Masuk Sekolah
Ada 9 kegiatan alternatif yang bisa diterapkan oleh guru pada hari pertama masuk sekolah.
Pertama, Buat Jurnal Liburan
Guru mencari informasi terbaru di dunia siswa. Tanyakan aktivitas yang dilakukan siswa saat menjalani libur sekolah.
Catat dan simpan informasi tersebut. Kemudian rancang materi yang dibutuhkan yang berkaitan dengan aktivitas libur siswa.
Kedua, Tinjau ulang kesepakatan kelas
Saat menjalani libur sekolah. Sebagian siswa mempunyai dunia sendiri sesuai dengan kesukaannya.
Bisa jadi siswa sedikit lupa dan perlu diingatkan kembali dengan apa yang sudah disepakati dalam kelas.
Sampaikan kembali informasi kepada siswa terkait kesepakatan kelas beserta konsekuensinya (akibat).
Ketiga, Refleksi ulang karakter siswa
Berikan apresiasi pada karakter siswa yang positif di semester sebelumnya.
Beri arahan dan keyakinan bahwa siswa bisa lebih baik di semester ini.
Kemudian guru perlu memotivasi siswa agar memperbaiki karakter siswa yang negatif.
Bangunlah karakter positif siswa dengan memberikan contoh, nasihat yang membangun, serta akibat yang terjadi apabila siswa memiliki karakter yang positif dan negatif.
Keempat, Refleksi perasaan siswa
Guru perlu menanyakaan perasaan siswa saat kembali masuk ke sekolah.
Tanyakan alasan mengapa siswa memiliki perasaan tersebut agar guru tahu langkah yang harus dilakukan agar siswa siap untuk belajar.
Kelima, Tanyakan mata pelajaran favorit siswa
Saat semester sebelumnya, siswa mempunyai mata pelajaran favorit. Carilah informasi tersebut dan tanyakan alasan siswa menyukai mata pelajaran tersebut.
Dilarang
mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Dari sana, guru bisa tahu mayoritas mata pelajaran siswa dan apa yang disukai oleh siswa pada mata pelajaran tertentu.
Keenam, Ungkap pengalaman berkesan di Semester sebelumnya
Carilah informasi terkait kegiatan apa yang berkesan di hati siswa saat semester sebelumnya.
Disini guru bisa memperoleh informasi apakah yang berkesan merupakan konten pelajaran, permainan, teknik atau metode belajar, atau hasil belajar siswa.
Ketujuh, Refleksi harapan di Semester baru
Tanyakan kepada siswa apa harapan siswa di semester yang baru. Hal ini akan membantu guru dalam menyiapkan metode yang tepat agar siswa bisa meraih prestasi yang optimal.
Kedepalan, Beri gambaran besar materi baru
Berikan gambaran besar terkait materi yang akan dipelajari di Semester baru.
Ceritakan kegiatan yang menarik dan seru yang akan mereka temui dan pelajari.
Kesembilan, Bangun kembali motivasi siswa
Awal semester baru merupakan waktu yang tepat untuk mengisi kembali motivasi belajar siswa.
Bantu siswa untuk menemukan WHY di semester yang baru. Terus bimbing siswa agar menemukan keterkaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata.
(FuN)