ETIKA KOMUNIKASI DI ERA DIGITAL
Alasan kenapa internet saat
ini berdampak sangat besar untuk kehidupan dan kegiatan manusia dari berbagai
aspek yaitu :
- Internet dapat diakses 24 jam tampa
dibatasi waktu untuk mencari sebuah informasi
- Biaya terbilang cukup murah dan aja
juga yang gratis
- Memudahkan untuk mencari sebuah
informasi dan melakukan sebuah transaksi
- Kemudahan menjalin hubungan dengan
para pelanggan
- Materi dengan mudah dapat di update
- penggunaan internet sudah menyebar ke
seluruh penjuru dunia
Internet
berhubungan erat dengan yang namanya dunia maya (Cyber Space). Menurut Dysson (1994) Dunia maya adalah suatu
ekosistem yang mempunyai telepon, kabel coaxial, fiber optik ataupun elektronik
waves. Dalam hal ini mengakibatkan tidak ada yang tau seberapa luasnya interner
saat ini secra fisik.
Contoh etika dalam
berinternet yaitu Netiket atau Nettique merupakan suatu etika berkomunikasi
dalam penggunakan internet.
- Nettiquette pada one to one communications
yaitu para pengguna yang melakukan sebuah komunikasi secara face to face
dalam internet malalui sebuah email elektronik
- Nettiquette pada one to manny communications
yaitu seorang pengguna internet dapat melakukan sebuah komunikasi dengan
banyak orang pengguna internet sekaligus.
- Dalam perkembangan internet ini
diberikannya sebuah fasilitas dan berbagai macam layanan yang baru
biasanya disebut layanan informasi atau service information
Karena seiring
berkembanganya jaman terdapat pelanggaran pelanggaran etika dalam dunia
internet atau dunia cyber yang dapat merugikan para pengguna internet lainnya
"
- Seperti etika yang berada dalam
kehidupan di masyarakat sanksi yang didapat dari para pelanggara biasanya
berupa sanksi sosial
- Sanksi sosial biasanya berupa teguran
, nasehat - nasehat atau bahkan bisa dikucilkan dalam masyarakat
- Begitu juga dengan pelanggar
-pelanggar dalam dalam etika penggunaan internet, sanksi yang di terima
jika melanggar etika atau norma -norma yang berlaku yaitu berupa teguran
atau dikucilkan dalam kehidupan dalam dunia internet terserbut.
Etika yang baik dalam
penggunaan internet yaitu :
- Mematuhi hukum atau norma - norma yang berlaku dalam dunia
internet
- Tidak melakukan hal-hal yang dapat
merugikan pengguna internet lainnya
- Tidak meyebarkan privasi orang lain
- Memberi saran atau komen yang
baik
- Mengakses hal -hal yang baik dan
bersifat tidak dilarang
- Tidak melakukan seruan atau ajakan
ajakan yang sifatnya tidak baik
- Memberikan informasi - informasi yang
baik dan berguna bagi para pengguna internet lainnya
Inti dari hal Etika dalam
pengguna internet adalah tidak melakukan hal hal yang buruk dalam penggunaan
internet maka dari itu kita sendiri yang dapat mengubah dan memperbaiki hal hal
yang berhubungan dengan etika buruk agar kedepannya memberi manfaat dalam
kehidupan bermasyarakat dan dunia berinternet.
ADAPUN ETIKA BERKOMUNIKSI
DI ERA DIGITAL :
1.
Mengingat bahwa "tulisan" adalah perwakilan dari kita
Tulisan merupakan bentuk
dari perwakilan kita saat melakukan proses komunikasi digital. Tetapi bukan
hanya tulisan saja, melainkan semua konten digital yang kita bagikan dapat
mewakili diri kita.
2.
Hindari Penyebaran SARA, Pornografi dan Aksi Kekerasan
Alangkah baiknya apabila
kita tidak menyebarkan informasi yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama dan
Ras) serta pornografi pada jejaring sosial. Biasakan untuk menyebarkan hal-hal
yang berguna dan tidak menimbulkan konflik antar sesama. Hindari juga
mengupload foto kekerasan atau lainnya yang tidak etis
3.
Mengendalikan emosi
Sebisa mungkin menghindar
dari hal-hal yang akan membuat kita atau orang lain marah. Dengan memberikan
sebuah respon yang berapi adalah contoh yang kurang etis saat di dalam
komunikasi digital.
4. Bersikap sopan santun
Cara menerapkan etika di
dalam komunikasi digital selanjutnya adalah dengan bersikap sopan dan santun.
Dengan berkrama yang baik dalam komunikasi, hal ini tidak akan menimbulkan
masalah atau perdebatan. Malah akan memperkuat hubungan dengan orang lain
menjadi baik.
3.
Bahasa dan tulisan yang jelas
Tindakan yang buruk jika
tidak memperhatikan bahasa dan tulisan dalam proses komunikasi digital. Seperti
poin pertama tadi bahwa apa saja konten yang kita bagikan akan mewakili siapa
diri kita. Juga mempengaruhi penilaian orang lain kepada kita.
4.
Menjaga privasi orang lain
Membagikan informasi
sensitif yang merupakan rahasia orang lain adalah suatu tindakan yang tidak
pantas untuk dilakukan. Apabila ingin membagikan informasi yang telah diberikan
oleh orang lain, sebaiknya kita meminta ijin terlebih dahulu.
5.
Tidak memunculkan perselisihan
Suatu tindakan yang kurang
baik jika kita bertujuan mengadu domba atau memperburuk suasana dengan
memberikan informasi yang kita ketahui. Sebaiknya kita saja yang mengetahui
informasi tersebut agar tidak terjadi perselisihan.
8. Kroscek kebenaran berita
Saat ini tentu
tidak jarang kalau kita menemukan berita yang menjelekan salah satu pihak di
media sosial. Hal inilah yang terkadang bertujuan demi menjatuhkan nama pesaing
dengan menyebarkan berita yang hasil rekayasa. Maka dari itu, pengguna media
sosial dituntut agar lebih cerdas untuk sekalau kroscek kebenaran informasinya.