Pendidikan di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang berlangsung mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasanya berjalan secara langsung atau tatap muka harus berhenti. Kegiatan belajar mengajar pun akhirnya berganti dengan proses pembelajaran daring atau online dari rumah masing-masing.
Namun, kenyataannya terdapat banyak kendala dan masalah yang dihadapi siswa maupun guru ketika melaksanakan proses pembelajaran daring. Masalah dan kendala tersebut tentu saja membuat proses belajar mengajar berjalan kurang efektif dan efisien. Banyak kendala dan masalah yang dikeluhkan oleh guru, siswa, maupun orang tua ketika pembelajaran daring dimulai di masa pandemi.
Masalah paling utama yang sering dihadapi adalah kendala jaringan internet. Hal ini karena masih banyak daerah di Indonesia yang tidak dapat mengakses internet dengan lancar. Selain itu, keterbatasan fasilitas yang dimiliki para siswa atau orang tua juga menjadi salah satu permasalahan. Kenyataannya banyak siswa yang tidak memiliki HP, laptop, atau komputer. Beberapa siswa juga mengeluhkan tidak dapat memahami materi pembelajaran dengan baik yang disampaikan melalui media digital. Hal ini karena mereka lebih terbiasa mendapat penjelasan secara langsung dari guru. Selain beberapa kendala dan masalah tersebut, kenyataannya masih banyak hambatan lain yang membuat pembelajaran daring tidak efektif dilakukan.
Oleh karena itu, diperlukan tindakan nyata untuk mengatasi setiap permasalahan pembelajaran dari selama masa pandemi Covid-19 ini. Tindakan perbaikan proses pembelajaran daring harus diupayakan oleh semua pihak, baik itu pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan para siswa. Proses pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 memiliki banyak kendala, masalah, dan tantangan.
Proses pembelajaran daring pun berjalan kurang efektif dan efisien. Diperlukan tindakan perbaikan yang nyata untuk setiap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran daring. Peran seluruh pihak diperlukan untuk mewujudkan perbaikan pembelajaran daring.
(FuN)