Es Manis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII

?Pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan tentunya dapat menarik perhatian siswa sehingga proses pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh ketercapaian tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu guru bahasa Indonesia SMP Negeri 11 kota Bima Yayu Lestariningsih, S.Pd menerapkan metode pembelajaran Es Manis (Sugesti Imajinasi).

Metode Sugesti Imajinasi (Es Manis) adalah metode memberikan umpan kepada siswa dengan memberikan gambar sebuah objek beserta bagian-bagian objek tersebut secara rinci. Siswa disugesti dengan gambar objek tersebut dan dari hasil pengamatan pada objek tersebut siswa diminta untuk berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka lihat atau mereka amati. Setelah itu, siswa diminta untuk menulis kembali dalam bentuk teks deskripsi. Metode Sugesti Imajinasi (Es Manis) ini diharapakan dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam hal menulis terutama menulis teks deskripsi.

“Pemilihan Metode Sugesti Imajinasi (Es Manis) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa terutama dalam hal menulis teks deskripsi. Pemilihan Metode Sugesti Imajinasi (Es Manis) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa terutama dalam hal menulis teks deskripsi. Serta dapat memahami pentingnya literasi dalam pembelajaran terutama literasi membaca dan menulis.” Jelas Yayu

Selain itu Yayu juga menjelaskan bahwa dengan penerapan metode Es Manis (Sugesti Imajinasi) ini di dalam kelas memberikan banyak manfaat yaitu dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran sehingga mendorong untuk terus membuat inovasi-inovasi baru dan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan baik bagi siswa maupun bagi gurunya sendiri.