Es Manis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
?Pemilihan
metode pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan tentunya
dapat menarik perhatian siswa sehingga proses pelaksanaannya dapat berjalan
dengan lancar dan memperoleh ketercapaian tujuan pembelajaran. Metode
pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa. Salah
satu guru bahasa Indonesia SMP Negeri 11 kota Bima Yayu Lestariningsih, S.Pd
menerapkan metode pembelajaran Es Manis (Sugesti Imajinasi).
Metode
Sugesti Imajinasi (Es Manis) adalah metode memberikan umpan kepada siswa dengan
memberikan gambar sebuah objek beserta bagian-bagian objek tersebut secara
rinci. Siswa disugesti dengan gambar objek tersebut dan dari hasil pengamatan
pada objek tersebut siswa diminta untuk berimajinasi sesuai dengan apa yang
mereka lihat atau mereka amati. Setelah itu, siswa diminta untuk menulis
kembali dalam bentuk teks deskripsi. Metode
Sugesti Imajinasi (Es Manis) ini diharapakan dapat meningkatkan kompetensi
siswa dalam hal menulis terutama menulis teks deskripsi.
“Pemilihan
Metode Sugesti Imajinasi (Es Manis) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
menulis siswa terutama dalam hal menulis teks deskripsi. Pemilihan Metode Sugesti Imajinasi
(Es Manis) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa terutama
dalam hal menulis teks deskripsi. Serta dapat memahami pentingnya literasi
dalam pembelajaran terutama literasi membaca dan menulis.” Jelas Yayu
Selain itu Yayu juga menjelaskan bahwa dengan penerapan
metode Es Manis (Sugesti Imajinasi) ini di dalam kelas memberikan banyak
manfaat yaitu
dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran sehingga mendorong untuk
terus membuat inovasi-inovasi baru dan metode pembelajaran yang lebih
menyenangkan baik bagi siswa maupun bagi gurunya sendiri.