PENERAPAN TAS SIPUT
inovasi merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap manusia, dengan inovasi kita bisa berkembang dan teus menggali potensi diri. begitupun dengan seorang guru dituntut untuk selalu berinovasi telebih dengan perkembangan zaman sekarang yang semakin maju. salah satu guru SMPN 11 Kota Bima membuat sebuah inovasi pembelajaran yang diberi nama "TAS SIPUT". TAS SIPUT merupakan sebuah akronim dari Team Games Tournament berbasis Puzzle dan Kahoot. Inovasi ini merupakan modifikasi dari model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang kemudian dipadukan dengan permainan Puzzle dan diakhiri dengan evaluasi menggunakan pemanfaatkan dari aplikasi Kahoot. kolaborasi ini merupakan salah satu inovasi peneliti agar penerapan model pembelajaran lebih efektif sehingga sesuai dengan karakterisktik materi dan karakteristik peserta didik di kelas sehingga mampu meningkatkan hasil belajar. Penggunaan model pembelajaran TAS SIPUT ini cukup mudah dan menyenangkan. Guru hanya berperan sebagai fasilitator sedangkan peserta didik berkolaborasi dan membangun kerja sama dengan kelompoknya untuk menyelesaikan misi yang diberikan. Dalam model pembelajaran ini semua peserta didik berperan aktif sehingga pemeblajaran lebih menyenangkan. untuk lebih mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan TAS SIPUT dalam pembelajaran silahkan baca atau menyimak buku panduan pada link berikut ini : https://youtu.be/0o3E34XA5GQ
silahkan baca juga proposal dari TAS SIPUT dengan mengunjungi link berikut : https://drive.google.com/file/d/1gwy2rfFypgVvqkpyhGpD98AzBx7-iLhB/view?usp=drive_link
adapun SOP dari TAS SIPUT silahkan mengunjungi link beikut : https://drive.google.com/file/d/1mbSjOOscUQGGW-e5vU7rYUsuIpQso90R/view?usp=drive_link